Jumat, 05 Februari 2016

Skenario Membuka Pelajaran

Skenario Membuka Pelajaran
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ semeste r : V/ 1

A. Indikator
1. Mengidentifikasi perubahan sifat benda yang bersifat tetap dan sementara setelah mengalami suatu proses.

B. Materi Pembelajaran
Macam- macam perubahan sifat benda

C. Media
Es batu

D. Skenario membuka pembelajaran
– Guru memasuki rungan kelas
– Guru mengucapkan salam
– Siswa membalas salam
-Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa
– Siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing- masing
– Guru mengecek kehadiran siswa
– Guru memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi
– Guru memperlihatkan sebuah es batu yang sudah dipersiapkan
– Guru membangkitkan pengetahuan awal siswa, sebagai berikut:
“Anak- anak, tahukah kalian apa yang ibu bawa?” (siswa menyebutkan nama benda tersebut)
“Iya benar ini adalah sebuah es batu” (sambil memperlihatkan es batu tersebut)
“Bagaimana wujudnya” (siswa menyebutkan bahwa es batu berwujud padat)
“Apa yang terjadi jika es batu ini ibu biarkan selama beberapa menit?” (siswa menjawab akan meleleh, cair)
“Lalu apa yang terjadi apabila es batu ini ibu masukkan kembali ke lemari es?”(siswa menjawab membeku)
“Nah jadi materi yang akan kita bahas hari ini adalah perubahan sifat benda”
-Guru menuliskan materi pelajaran di papan tulis
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan langkah- langkah pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design