Judul:
PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP
PERILAKU SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NABAUL ILMI DESA BANJARSARI KECAMATAN TRUCUK
KABUPATEN BOJONEGORO
Dosen Pembimbing:
Drs.M.Masjkur, M.Pd.I
Disususn oleh:
RAFIKA INTAN
SAPUTRA
2013.5501.03510 / V B
INSTITUT AGAMA
ISLAM (IAI)
SUNAN GIRI BOJONEGORO
2015 / 2016
TUGAS MATA KULIAH
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
A. IDENTITAS MAHASISWA:
1. Nama Mahasiswa : RAFIKA INTAN SAPUTRA
2. NIM / NIRM : 2013.5501.03510 / 2013.4.055.0001.1.003465
3. Semester / Ruang : V / B
|
B. JUDUL PENELITIAN:
“Pengaruh Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Tingkah laku siswa Madarasah Ibtidaiyah
Nabaul Ilmi Desa Banjarsari kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro”
|
C. PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN:
1. Bagaimana
cara penyampaian mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa Madarasah
Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten
Bojonegoro?
2. Bagaiman
penerapan Akhlak pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari
Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro?
3. Apakah
mata pelajaran Aqidah Akhlak mempengaruhi perilaku siswa Madarasah
Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten
Bojonegoro?
|
D. TUJUAN PENELITIAN:
1. Mengetahui
cara penyampaian mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa Madrasah
Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten
Bojonegoro.
2. Mengetahui
penerapan Akhlak pada siswa Madarasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan
Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
3. Mengetahui
pengaruh mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa Madarasah Ibtidaiyah
Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
|
E. SIGNIFIKANSI PENELITIAN:
1. Signifikansi Ilmiah : Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
menambah wawasan pengetahuan dan dapat dijadikan referensi bagi
permasalahan perilaku dalam pendidikan Agama Islam di masa mendatang.
2. Signifikansi Sosial : Hasil dari penelitian ini di harapkan
mampu menjadikan sumbangan pemikiran bagi madarasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi
Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro khususnya dalam
mendidik siswa terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan menjadi
suri tauladan yang baik bagi Madarasah lain.
|
F. HIPOTESIS PENELITIAN:
1. Hipotesis Kerja ( Ha ):
Bahwa adanya pengaruh mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa
Madarasah Ibtidaiyah Nabaul ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten
Bojonegoro.
2. Hipotesis Nihil ( H0 ): Bahwa
penyampaian mata pelajaran Aqidah Akhlak tidak mempengaruhi perilaku pada
siswa Madarasah Ibtidaiyah Nabaul
Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
|
G. VARIABEL PENELITIAN:
1. Variabel I : Penyampaian mata pelajaran Aqidah
Akhlak
2. Variabel II : Perilaku siswa Madarasah Ibtidaiyah
Nabaul Ilmi
|
H. DAERAH PENELITIAN:
Penelitian di
laksanakan di Madarasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan
Trucuk Kabupaten Bojonegoro, yang terletak di wilayah Jawa Timur.
|
I.
POPULASI PENELITIAN:
Populasi
penelitian adalah seluruh siswa Madarasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa
Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 120 siswa,
yang terdiri dari:
a. Kelas
1: 23 siswa
b. Kelas
2: 20 siswa
c. Kelas
3: 28 siswa
d. Kelas
4: 15 siswa
e. Kelas
5: 21 siswa
f. Kelas
6: 13 siswa
|
J. SAMPEL DAN
TEKNIK SAMPLING:
Dari seluruh
populasi penelitian sebanyak 200 siswa, maka di ambil sampel random
sebanyak 20% siswa yaitu 24 siswa dengan memperhatikan kelas sebagai sub
populasi serta memperhitungkan perimbangan jumlah masing- masing kelas.
Dengan demikian akan di peroleh sampel sebanyak : Kelas 1 = 5 siswa, kelas
2 = 3 siswa, kelas 3 = 5 siswa, Kelas 4 = 3 siswa, Kelas 5 = 4 siswa, Kelas
6 = 4 siswa. Pada dasarnya teknik sampling yang di gunakan adalah teknik
proportional stratified random sampling.
|
K. JENIS DATA:
1. Data Kuantitatif : a. jumlah
siswa, b. Jumlah guru, c. Jumlah sarana dan prasarana, d. Jumlah jam mata
pelajaran Aqidah Akhlak perminggu.
2. Data Kualitatif : a. keadaan penyampaian mata pelajaran Aqidah Akhlak
pada siswa, b. Keadaan pemahaman tentang Akhlak siswa, c. Keadaan kegiatan
belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari
Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
|
L. SUMBER DATA:
1. Sumber
data premier :
Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nabaul Ilmi Desa Banjarsari
Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
2. Sumber
data sekunder :
A. Guru
mata pelajaran Aqidah Akhlak
B. Waka
bidang kurikulum
C. Kepala
madrasah
D. Dokumen
di Madrasah Ibtidaiyah Nabaul ilmi
|
M. TEKNIK PENGUMPULAN
DATA:
1. Teknik
wawancara
2. Teknik
observasi
3. Teknik
angket
4. Teknik
dokumenter
|
N. TEKNIK ANALISIS
DATA:
1.
Pada tahap pertama di lakukan analisis
pendahuluan untuk mengukur tinggi rendahnya variabel penelitian. Analisis
tahap ini digunakan untuk mencapai tujuan penelitian pertama dan kedua.
2.
Pada tahap kedua dilakukan analisis lanjutan
berupa berupa analisis korelasional untuk mencari hubungan antara variabel
1 dan variabel 2. Analisis tahap kedua di gunakan untuk mencapai tujuan
penelitian ke tiga. Dalam hal ini digunakan teknik analisis statistik
korelasi product moment dengan rumus:
|
Bojonegoro, 24
Desember 2015
Mahasiswa Pembuat Tugas,
(RAFIKA INTAN SAPUTRA )
0 komentar:
Posting Komentar